Ticker

10/recent/ticker-posts

Fakta Tentang Teknologi 5G



Fakta Tentang Teknologi 5G - Maniackoding Berbicara tentang teknologi sekuler sekarang memang zamannya teknologi 4G , akan tetapi pernahkah anda membayangkan bahwa teknologi 5G akan segera hadir dalam waktu yang dekat, apa itu teknologi 5G? sekilas akan kita bahas terlebih dahulu berikut ini:

Teknologi 5G ada sebuah teknologi nirkabel yang menumpang pada pita berfrekuensi tinggi dengan spectrum 30 GHz sampai 300 GHz singkatnya Teknologi 5G ini sangat jauh lebih cepat dengan teknologi 4G yang sekarang kita gunakan

Sebagai gambarannya kita bahas dari awal teknologi jaringan ini :
-Tahun 1970 : 1G dengan kecepatannya 2Kbps
-Tahun 1980 : 2G dengan kecepatan 14,4 sampai 64 Kbps
-Tahun 1990 : 3G dengan kecepatan 2 Mbps
-Tahun 2000 : 4G dengan kecepatan 200 Mbps
Pada tahun 2010 mulai dikembangkan teknologi 5G dengan kecepatan 1 Gbps. ini jauh lebih cepat dari teknologi 4G   hingga 5 kali lebih cepat.

Pada tahun 2019, 5 negara ini menggelar teknologi 5G ini yaitu Korea selatan, Jepang, Tiongkok, Amerika serikat, Eropa bagaimana dengan indonesia?, tentunya masih sangat lama untuk bisa di gunakan di indonesia teknologi 4G saja yang sudah 7 tahun di gunakan masih mencakup 62,7% wilayah indonesia terjangkau teknologo 4G.
Akan tetapi indonesia pernah menguji coba teknologi 5G pada april 2017 oleh perusahaan ERICSSON, pada saat itu kecepatannya mencapai 5,3 Gbps namun penetapan teknologi 5G di indonesia masih belum bisa di karenakan oleh beberapa hal seperti berikut :
-         - Kendala Regulasi
-          -Ketersediaan spektrum frekensi masih kurang
-          -Persiapan infrasstruktur jaringan
-          -Pengelolaan onfrastruktur pasif
5G nantinya tidak hanya untuk mendownload film, streaming youtube, browsing atau yang bisanya kita gunakan, akan tetapi punya manfaat lain seperti cloud computing, smart home(rumah pintar), Smart Car (mobil pintar tanpa awak/supir) dan memperlancar virtual Reality dan lain sebagainya. Yang paling menariknya biaya operator akan lebih rendah mencapai 10 kali lebih rendah, dan 5G ini akan banyak di gunakan oleh benda-benda yang terhubung  terhubung dengan internet atau internet of things.

Bagaimana dengan teknologi di bawahnya?, naahh teknololgi 4G dan 3G di gunakan untuk internet personal, sedengkan teknologi 2G di gunakan untuk komunikasi suara via telepon.
Apakah kita sudah siap dengan kehadiran teknologi 5G?

  

Posting Komentar

0 Komentar