Ticker

10/recent/ticker-posts

Jangan sepele pada gigitan Nyamuk, berikut dampaknya


maniackoding.my.id Nyamuk adalah hewan yang paling sering kita temui dirumah atau di lingkungan terbuka, nyamuk menghisap darah manusia untuk berkembang biak, nyamuk pada pada umumnya terbagi menjadi 3 spesies yaitu Nyamuk Aedes, Nyamuk Anopheles, Nyamuk Culex dan tingkat berbahayanya berbeda-beda, tetapi perlu kita waspadai jika terkena gigitan nyamuk yang kita terima.

Pada umumnya Nyamuk betina lah  yang menggigit dan menyebarkan penyakit berbahaya bagi manusia,  nyamuk betima memiliki corong yang panjang dan dapat menusuk kulit manusia dan menghisap darah manusia, pada waktu itu juga nyamuk akan meninggalkan air liurnya dan hal tersebut dapat menimbulkan dampak buruk bagi manusia.

Berikut adalah dafta penyakit yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk :

1. Filariasis

2. Chikungunya

3. Demam Berdarah Dengue(DBD)

4. Malaria

Namun pada saat di gigit penyakit di atas tidak langsung terjadi, pada umunya dan yang dapat kita lihat adalah pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di area kulit yang kena gigigitan nyamuk. 

Cawa awal yang paling mudah untuk menanganinya adalah mencuci area kulit pada tubuh yang tergigit nyamuk, bisa menggunakan sabun, air hangat dan mengoleskan obat gatal atau saleb yang dapat di temukan di apotek terdekat. pastikan anak - anak yang terkena gigit nyamuk untuk tidak menggaruk dengan kuku yang panjang karena akan dapat merusak kulit.

Cara mencegah nyamuk, teman-teman harus menghancurkan tempat perkembangbiakannya seperti genangan air dirumah dan membersihkan lingkungan dari sampah-sampah, berikut ini dapat kamu lakukan di rumah seperti :

1. membuka talang air

2. membersihkan segala tempat yang berpotensi genangan air

3. Rutin membersihkan lingkungan dan tanaman di lingkungan rumah

4. Menutup tempat sampah yang di area luar rumah

5. menggunakan krim anti-nyamuk pada saat tidur

Pembahasan diatas merupakan pengalaman dan fakta yang sering terjadi pada manusia, jadi jangan terlalu sepele pada hewan serangga kecil ini.

Posting Komentar

0 Komentar