Ticker

10/recent/ticker-posts

Cara menjalankan HTML di Notepad paling mudah

maniackoding.my.id Menggunakan notepad bawaan komputer untuk desain sebuah halaman website merupakan hal yang paling dasar ketika seseorang belajar HTML, menggunakan Notepad untuk desain sebuah website sebenarnya bukan lagi sesuatu yang banyak di gunakan oleh orang yang ingin belajar desain website pada jaman sekarang.

Munculnya banyak software yang digunakan untuk desain web dan juga sudah di lengkapi dengan bahasa pemograman web aplikasinya berupa Netbeans, Dreamweaver dan aplikasi lainnya untuk editor untuk desain sebuah website.

Akan tetapi Notepad bisa di gunakan untuk desain sebuah website yang menarik jika teman-teman sudah terbiasa dan mengerti struktrur HTML dengan baik.

Berikut ini hal yang paling dasar agar HTML bisa di jalan di Notepad berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Notepad terlebih dahulu kemudian tuliskan kode HTML dasar terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini


teman - teman bisa copy sintag nya di bawah ini :

<html>
<head><title></title> <head>
<body>

saya belajar belajar html di Notepad

</body>
</html>

2. setelah teman-teman menuliskannya di notepad silahkan simpan filenya dengan cara file > save > tentukan di simpan dimana jangan lupa ekstentsinya adalah .html supaya filenya bisa di buka di browser nantinya.
misalkan Belajar.html 
seperti gambar di bawah ini


Kemudian teman-teman buka filenya di lokasi file nya yang telah di simpan, maka filenya akan terbuka di browser seperti tampilan di bawah ini.

Kemudian selanjutnya teman-teman bisa berkreasi di dengan menggunakan sintag html lainnya, artikel ini hanya memberikan turorial cara menjalan kan html di notepad
jadi yang paling hanya dua yaitu sintag html : 

<html>
<head><title></title> <head>

<body>

sintag html nya di edit atau di tambahkan di dalam ini

</body>

</html>
jadi teman-teman mengedit pekerjaannya di dalam sintag body. Kemudian yang kedua adalah saat penyimpanan file jangan lupa ekstensi namenya adalah html sepeti yang saya praktek kan diatas tadi.
misalkan Belajar.html. jika teman-teman lupa menaruh .html di belakang nama maka file yang tersimpan tetap file notepad yaitu .txt , silahka teman-teman bereksplorasi untuk terus belajar html



Posting Komentar

0 Komentar